Mengenal Istilah-istilah Penting dalam Digital Marketing: Sebuah Kamus

Mengenal Istilah-istilah Penting dalam Digital Marketing: Sebuah Kamus
Table of Contents

Dalam dunia digital marketing yang terus berkembang pesat, ada begitu banyak istilah teknis dan singkatan yang mungkin terdengar asing bagi pemula. Namun, memahami istilah-istilah ini sangat penting untuk kesuksesan kampanye digital marketing Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dalam bentuk kamus untuk mengenal istilah-istilah penting dalam digital marketing. Mari kita mulai mengeksplorasi dunia digital marketing dengan lebih baik!

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah teknik untuk meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian mesin pencari (seperti Google). Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik ke website Anda. Ini melibatkan optimalisasi konten, struktur website, dan penggunaan kata kunci untuk menarik perhatian mesin pencari.

2. SERP (Search Engine Result Pages)

SERP  singkatan dari Search Engine Result Pages, yaitu halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari setelah pengguna melakukan pencarian tertentu. Dalam SERP, Anda dapat melihat daftar hasil pencarian dan tautan ke website terkait.

3. SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan iklan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas website Anda. Ini mencakup Google Ads dan iklan di mesin pencari lainnya.

4. PPC (Pay-Per-Click)

PPC adalah model iklan di mana Anda hanya membayar jika seseorang mengklik iklan Anda. Ini umumnya digunakan dalam iklan berbayar seperti Google Ads, di mana Anda membayar untuk setiap klik yang dihasilkan dari iklan Anda.

5. CPM (Cost-Per-Thousand Impressions)

CPM adalah model iklan di mana Anda membayar untuk setiap 1.000 tampilan iklan Anda, terlepas dari apakah iklan tersebut diklik atau tidak. Ini biasanya digunakan dalam kampanye iklan display.

6. ROI (Return on Investment)

ROI adalah rasio antara laba bersih yang dihasilkan dari investasi dengan jumlah biaya investasi. Ini adalah ukuran penting untuk mengukur seberapa efektif kampanye digital marketing Anda dalam menghasilkan keuntungan.

7. Conversion Rate

Conversion rate mengukur persentase pengunjung yang melakukan tindakan yang diinginkan pada website Anda, seperti melakukan pembelian, mengisi formulir, atau berlangganan newsletter.

8. Lead Generation

Lead generation adalah proses mengumpulkan informasi kontak dari calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Ini adalah langkah awal dalam mengubah calon pelanggan menjadi pembeli yang sebenarnya.

9. Call to Action (CTA)

CTA adalah tindakan yang diinginkan yang Anda ingin dilakukan oleh pengunjung setelah melihat konten atau iklan Anda. Contohnya adalah “Beli Sekarang”, “Hubungi Kami”, atau “Berlangganan Newsletter”.

10. Landing Page

Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk mengarahkan pengunjung melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar, berlangganan, atau membeli produk atau layanan Anda.

11. Responsive Design

Responsive design adalah teknik desain website yang memastikan website Anda tampil dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan smartphone.

12. Traffic

Traffic mengacu pada jumlah pengunjung yang mengakses website Anda. Ada dua jenis traffic: organic traffic (pengunjung yang datang melalui hasil pencarian organik) dan paid traffic (pengunjung yang datang melalui iklan berbayar).

Ternyata ada banyak istilah penting dalam digital marketing, bukan? Jangan khawatir, Anda tidak perlu menjadi ahli sekaligus dalam menguasai semua istilah ini. Tim Sabrweb siap membantu Anda dalam membangun kehadiran online bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan website digital marketing yang dioptimasi untuk bisnis Anda,jangan ragu untuk memulai proyek pembuatan website digital marketing di Sabrweb.Hubungi sabrweb.com sekarang juga dan temukan beragam layanan pembuatan website digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Share:
Social Media
Most Popular