PENTINGNYA COPYWRITING UNTUK WEBSITE

Pentingnya copywriting untuk website

Table of Contents

APA ITU COPYWRITING?

Copywriting adalah suatu teknik penulisan untuk membuat materi yang bertujuan untuk membujuk atau menarik perhatian pembaca. Biasanya copywriting ini dapat dijumpai dalam website, iklan, atau artikel. Dan copywriting ini merupakan bagian terpenting yang tidak bisa anda lewatkan apabila anda ingin membuat website, iklan atau artikel

APA PENTIGNYA COPYWRITING?
Copywriting sangat penting karena termasuk dalam strategi pemasaran dan seni keindahan. Jika penulisan pada website, iklan, atau artikel anda menarik dan tersusun dengan rapih juga apik, maka para pembaca akan singgah sebentar untuk bisa membaca artikel milik anda. Dalam copywriting, ada beberapa jenis dan teknik agar copywriting anda bisa menarik minat pembaca. Berikut jenis dan teknik nya… jangan lupa simak yaaaa^^

JENIS-JENIS COPYWRITING

Copywriting terbagi menjadi 5 sesuai dengan peruntukkannya masing-masing.
1. BRAND COPYWRITING
Yang pertama ada BRAND COPYWRITING yang peruntukanya adalah sesuai dengan namanya yaitu mengenalkan dan menawarkan suatu produk atau layanan jasa dari suatu perusahaan.

2. MARKETING COPYWRITING
Selanjutnya ada MARKETING COPYWRITING, yang dimana jenis ini biasanya digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa dengan menonjolkan kelebihan atau layanan khusus dari produk atau jasa tersebut.

3. DIRECT RESPON COPYWRITING
DIRECT RESPON COPWRITING ini, bertujuan untuk mendapatkan respon langsung dari pembaca. Biasanya akan terdapat tombol CTA (click to action) yang akan mengarahkan anda pada laman web yang dimaksud utuk membagikan konten, e-book atau dll.

Dan jenis ini biasanya terdapat pada landing page, home page, iklan medsos, dll.

4. SEO COPYWRITING ( Search Engine Optimazation )
SEO copywriting ini memiliki fungsi untuk membuat tulisan agar dapat mengoptimalkan sebuah website di mesin pencari (Search Engine). Atau gampang nya adalah agar website milik anda bisa berada dalam urutan teratas dalam mesin pencarian. Dan dalam prakteknya anda juga harus memperhatikan aturan dan kaidah SEO yang benar.

5. TECHNICAL COPYWRITING
Yang terakhir adalah TECHNICAL COPYWRITING. Jenis ini berfokus untuk memberikan pemahaman kepada para pembaca dalam hal menjelaskan suatu prosedur. Setelah mengetahui macam jenis dari copywriting, sekarang kita akan membahas tentang teknik nya yaitu teknik AIDA.

Baca Juga: APA ITU WEB DESIGN / DESAIN WEB?

APA ITU TEKNIK AIDA??

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Teknik AIDA ini berfungsi sebagai alur dalam pembuatan copywriting. Dengan adanya teknik ini, website, iklan, atau artikel yang anda buat akan menjadi lebih terstruktur. Sekarang mari kita uraikan struktur dan tujuan dari attention, interest, desire, dan action!! Don’t skip if u will become a copywriter^^

A (ATTENTION)
Attention atau perhatian ini merupakan hal pertama yang sangat penting. Mengapa?? Karna ini adalah first impression. Jika first impression dari website, iklan atau artikel anda menarik, maka orang akan mampir dan bisa saja menjadi pelanggan anda.

I (INTEREST)
Setelah poin attention terpenuhi, maka selanjutnya adalah Interest. Poin interest ini berisi tentang topik yang menarik tentang apa yang ada di headline/judul. Jika hendak membuat sebuah website penawaran barang, maka anda harus bisa menyampaikan garis besar yang menarik dari produk anda.

D (DESIRE)
Yang ke tiga adalah desire. Setelah calon pelanggan anda tertarik dengan barang anda dan berkunjung ke situs website anda, maka apa yang akan anda lakukan?? Tentu saja membuat calon pelanggan anda makin meninginkan produk anda bukan?? Bagaimana caranya?? Bisa dengan menambahkan testimoni atau bisa juga dengan garansi, atau promo promo lainya yang membuat calon pembeli anda tidak punya alasan untuk tidak membeli produk anda.

A (ACTION)
Setelah attention, interest, dan desire terpenuhi maka langkah terakhir adalah action. Pada langkah terakhir ini anda harus menambahkan sesuatu yang bisa membuat calon pembeli anda menjadi pelanggan anda. Anda bisa menambahkan tombol CT A (click to action) atau kata-kata seperti “edisi terbatas” atau “promo hanya berlaku hari ini”. Maka dengan begitu calon pembeli anda tidak akan berfikir 2 kali lagi untuk membeli produk anda.

Itu tadi adalah penjelasan singkat tentang pentingnya copywriting dalam sebuah website. Jika anda masih berpendapat bahwa copywriting tidak penting dalam pembuatan sebuah website, cobalah anda membuat 2 buah website dengan 1 website menggunakan copywriting juga teknik diatas dan bandingkan hasilnya dengan yang tidak menggunakan copywriting.

THANKS FOR YOUR ATTENTION!!! AND SEE U^^

Share:
Social Media
Most Popular